Begini Tips Aman Pinjam Uang saat Pandemi

https://lh4.googleusercontent.com/VdhtKgVW_kkIv3AY-LHIZmv-H1ZyeNnh-Ay7Haune4SYcKbEYwuz-OMeQ-G0-DCQ7KbrSRF13Gy3LQy1y0fYicOI_O3gmjrQivAWQGf__Qs9__pdON-FXePiApDWkPVFiTl76nLi

Bingung mencari pinjaman uang di saat pandemi seperti ini? Cukup wajar jika banyak masyarakat yang ekonominya terdampak akibat pandemi virus corona. Umumnya mereka yang kekurangan karena mengalami pemotongan penghasilan hingga pemutusan hubungan kerja.

Salah satu solusinya tidak lain adalah dengan mencoba berusaha apapun yang bisa dijual asalkan bisa mendatangkan penghasilan. Ada cukup banyak usaha yang bisa dicoba seperti usaha makanan cepat saji dan aneka bisnis kuliner lainnya.

Nah, ada beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pinjaman uangnya. Pinjaman tersebut bisa kamu gunakan untuk modal atau untuk menambah kebutuhan sehari-hari. Supaya aman ajukan pinjaman uang di tengan pandemi, simak dulu ya ulasan berikut ini.

1. Pinjam dari kerabat terdekat

Sebelum mencoba mengajukan pinjaman kepada orang lain atau lembaga keuangan, tidak ada salahnya jika kamu meminjam lewat kerabat terdekat. Tapi, usahakan untuk benar-benar menepati janji dan amanah yang diberikan. Misalnya jika meminjam dengan tempo 30 hari, maka upayakan untuk memenuhi janji tersebut supaya mendapatkan kepercayaan. Dikhawatirkan jika terjadi gagal bayar, ujung-ujungnya malah jadi merusak hubungan kekeluargaan.

2. Manfaatkan jasa gadai

Solusi lain adalah dengan memanfaatkan jasa gadai. Pastikan juga bahwa lembaga gadai yang dipilih sudah tepercaya ya, punya izin operasional dari OJK sehingga proses administrasi pun dijamin aman serta barang gadai juga tersimpan dengan baik dan ditanggung oleh perusahaan gadai.

3. Hindari gesek tunai

Kebiasaan gesek tunai kartu kredit secara tidak disadari justru akan menjerumuskan kita pada kredit macet. Belum lagi dengan risiko yang tinggi terhadap pencurian data nasabah. Belum lagi dengan beban biaya administrasi dan bunga yang tinggi membuat kamu harus berpikir ulang jika hendak gesek tunai. Waspada juga jika ada penawaran gesek tunai dari akun dompet digital atau aplikasi kartu kredit. Sebaiknya dihindari untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

4. Manfaatkan aplikasi pinjaman online

Selagi memasuki masa new normal sebenarnya ada alternatif jika ingin mengajukan pinjaman uang. Misalnya lewat aplikasi pinjaman online yang memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran, pengajuan pinjaman, hingga pencairan. Seluruh prosesnya tidak ada yang harus kontak secara langsung karena murni menggunakan aplikasi di smartphone sehingga lebih aman dan nyaman.   

5. Pilih perusahaan yang terdaftar di OJK supaya aman

Kunci penting dalam mengajukan pinjaman apapun di lembaga keuangan, pilih yang sudah terdaftar dan berada dalam pengawasan OJK demi proteksi nasabah. Pasalnya dalam kondisi seperti pandemi saat ini pun masih saja ada perusahaan abal-abal yang menawarkan berbagai produk keuangan yang sebenarnya belum mendapatkan izin dari OJK.

OJK punya sejumlah regulasi yang harus dipatuhi oleh perusahaan pinjaman online konvensional maupun berbasis teknologi demi melindungi nasabah. Oleh karena itu, pastikan hanya berurusan dengan perusahaan atau lembaga yang terdaftar di OJK saja ya.

Nah, salah satu perusahaan pinjaman uang online yang direkomendasikan adalah Kredivo. Kredivo telah terdaftar resmi dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia sebagai salah satu perusahaan fintech yang berada dalam pengawasan OJK dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018.

Jika kamu tertarik mengajukan pinjaman lewat aplikasi Kredivo, persyaratan berikut ini harus kamu penuhi ya:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Kredivo yang memberikan kredit limit hingga Rp30 juta per member. Pinjaman uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk apa saja kok, tidak terbatas hanya kebutuhan modal. Contohnya untuk kebutuhan darurat seperti biaya pengobatan, renovasi rumah, hingga kebutuhan mendesak lainnya. Bunganya 2,95 persen per bulan dengan pilihan tenor 3 dan 6 bulan. 

Kredivo memberikan kemudahan pinjaman dana cepat secara online hanya lewat aplikasi yang dapat diunduh dari Google Play Store maupun App Store. Dana cepat cair langsung ditransfer kepada rekening member secara online tanpa harus bertatap muka. Semua proses benar-benar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja secara online. 

Leave a Comment