6 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

6 Cara Membuat Bubuk Kunyit yang Mudah dan Praktis

Anda mungkin mengenal kunyit sebagai salah satu bumbu dapur untuk memperkaya rasa masakan, akan tetapi selain itu kunyit juga ternyata memiliki banyak manfaat lho untuk kesehatan. Kunyit atau kunir adalah tanaman rempah yang mengandung senyawa kimia berwarna kuning yang di sebut kurkumin. Nah kalian penasarah apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan? Simak artikel ini hingga selesai ya!

  • Mengobati Peradangan

Kunyit sudah di gunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional India sebagai obat tradisional penghilang rasa sakit dan peradangan. Berdasarkan penelitian dalam Journal of Biological Chemistry, kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang berkerja dengan cara memblokir molekul yang berkontribusi besar dalam peradangan dan mengaktifkan gen yang terkait dengan peradangan, sehingga peradangan dapat segera di obati menggunakan kunyit ini.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Mungkin kalian terasa tidak nyaman ketika ada gangguan pada percernaan seperti maag. Terlebih kalian sedang menghadapi kegian penting sehingga membutuhkan fokus yang tinggi. Oleh sebab itu jika tidak segera di atasi, masalah pencernaan tadi bisa mengganggu pekerjaan atau kegiatan kalian yang lain. Kandungan kurkumin pada kunyit ternyata membantu empedu untuk bekerja optimal. Empedu tersebut akan merangsang organ pencernaan lain agar berfungsi secara normal. Masalah pencernaan tersebut bisa di atasi dengan meminum teh kunyit.

  • Menyembuhkan arthritis atau nyeri sendi

Salah satu klaim penyembuhan kunyit yaitu kandungan antiinflamasinya. Dalam dosis yang tepat, curcumin bisa lebiih efektif ketimbang obat Pereda radang seperti ibuprofen dan aspirin. Penyakit peradangan kronis yang dapat di obati dengan menggunakan kunyit antara lain radang usus dan arthritis seperto osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Penderita osteoarthritis yang mengonsumsi curcumin dengan dosisi 1.000 mg per hari akan lebih cepat membaik dan rasa kaku berkurang. Hal ini juga sama juga di rasakan oleh penderita rheumatoid arthritis kronis.

  • Mengendalikan gula darah

Beberapa penelitian setuju tidak ada pengobatan alami yang lebih baik dari pada kunyit untuk menurunkan gula darah dan mengembalikan resistensi insulin ke keadaan normal. Contohnya dalam Biochemistry dan Biophysical Research Communications, penelitian ini membuktikan kunyit bisa membantu mengontrol kadar gula darah pada diabetes. Peneliti lain menunjukkan suplemen ekstrak kunyit membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah dan membuat gejala diabetes lebih mudah di tangani. Oleh sebab itu kunyit di anggap bisa menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes yang diakibatkan peradangan.

  • Mengurangi risiko terkena penyakit hati

Penyakit hati merupakan penyakit salah satu penyebab banyak kematian di dunia. Kurkumin dapat meningkatkan fungsi endothelium yang merupakan lapisan pembuluh darah kalian. Harus kalian ketahui bahwa fungsi endotel merupakan penyebab utama penyakit jantung ketika ketidak mampuan endothelium mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mengarah pada peningkatan fungsi endothelial. Satu studi menunjukkan bahwa ia bekerja sebaik obat Atorvastatin.

  • Meredakan Gejala IBS

Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah peradangan pada usus besar yang menyebabkan adanya masalah pada BAB dalam waktu lama. Peradangan tersebut membuat usus terlalu sering berkontraksi yang kemudian mengakibatkan diare kronis. Peradangan tersebut juga bisa menyebabkan otot usus jarang berkontraksi sehingga mengakibatkan sembelit kronis. Penelitian dari Singapura yang di buat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018 mendapati bahwa kunyit dapat mengurangi intensitas rasa sakit pada perut yang di sebabkan oleh gejala IBS.

Leave a Comment