Ciri-cri Smartphone Support Miracast

main image

Menampilkan tampilan smartphone di TV memang sedang tren akhir-akhir ini. Apalagi setelah para Youtuber memanfaatkan fitur ini. Para youtuber saat ini sedang tren menampilkan gambar yang lebih besar ataupun lebih HD dari vlog atau game yang merekan mainkan dengan miracast

Fitur yang bernama mirroring miracast ini memang sedang tren saat ini. Tetapi fitur ini tidak bisa digunakan oleh segala jenis smartphone yang ada. Tidak semua smartphone yang memiliki ciri tertentu yang bisa anda tampilkan lewat TV dan hanya ada beberapa. Penasaran dengan ciri-cirinya? Kira-kira HP anda bisa dihubungkan dengan perangkatTV? Langsung saja dicek ciri-cirinya satu persatu berikut ini!

  1. Memiliki OS yang Baru

Sistem operasi atau yang biasa dikenal dengan sebutan OS adalah hal terpenting yang dimiliki smartphone untuk menjalankan fitur-fiturnya. Jika fitur yang akan digunakan ternyata tidak kompatibel dengan OS smartphone tersebut maka fitur tersebut tidak akan berjalan pada smatphone anda. Itulah hal pertama yang menjadi ciri pertama smartphone yang support miracast.

Jika anda menggunakan android maka smartphine anda harus minimal versi Jelly Bean 4.2 atau di atasnya untuk bisa menggunakan fitur miracast. Tetapi sekarang android Jelly Bean sudah dianggap ketinggalan zaman. Maka dari itu sebaiknya jika ingin menggunakan fitur miracast sebaiknya minimal menggunakan versi Android 8.1 Oreo.

Adapun jika anda menggunakan sistem operasi yang memiliki tampilan seperti Android. Tetapi bukan Android murni (hanya berbeda ROM saja seperti MiUI Xiaomi). Cocokkan saja versi OS-mu dengan versi Android aslinya.

Sementara jika anda pengguna iPhone maka iOS 5 merupakan sistem operasi minimal yang anda perlukan untuk menjalankan miracast ini. Anda harus meng-upgrade OS terlebih dahulu supaya bisa menjalankan miracast jika di bawah Ios 5.

  1. Ada Toggle Wireless Display, Screen Mirroring, Dll

Miracast adalah tools utama yang harus dimiliki ponsel jika anda akan atau butuh untuk menampilkannya di TV. Tetapi tidak semua smartphone sudah memiliki fitur Miracast. Meskipun ia merupakan ponsel keluaran terbaru. 

Biasanya fitur ini memang sengaja dihilangkan supaya harga ponsel dapat ditekan lagi sampai harga murah. Anda harus memastikan kalau fitur ini benar-benar sudah dimiliki oleh ponsel anda sebelum menggunakan miracast.

Pengecekan fitur Miracast sendiri bisa anda lakukan dengan berbagai cara. Misalnya anda bisa mengecek bar notifikasi smartphone Anda. Perhatikan seluruh toggle yang tersedia disana.

Jika anda bisa menemukan toggle Wireless Display, Screen Mirroring, atau semacamnya, maka ponsel sudah support miracast.

Jika anda tidak menemukannya carilah opsi Wireless Display atau semacamnya. Fitur Miracast ini bernama All Share pada ponsel Samsung Galaxy. Sementara jika anda menggunakan iPhone, fitur ini disebut dengan nama AirPlay. 

Kalau fitur ini sama sekali tidak bisa anda temukan, kemungkinan besar smartphone-mu memang belum dapat menggunakan fasilitas mirroring ini. Meskipun begitu anda masih bisa mengecek satu ciri lagi.

  1. Support Fitur MHL

Fasilitas ini memungkinkan koneksi yang cepat dan stabil. Hal itu dikarenakan tidak memerlukan jaringan tertentu. Anda bisa mengetahui hp support MHL atau tidak bisa cek pada situs www.mhltech.org.

Lewat situs tersebut anda juga bisa mengecek apakah TV yang anda miliki mendukung layanan MHL atau tidak. Handphone-mu memang belum bisa digunakan untuk screen mirroring jika tidak menemukan seri smartphone anada di website.

Tetapi jika anda tidak menemukan seri ponselmu di situs MHL sementara ia sudah kompatibel dengan Miracast berarti anda tetap bisa menjalankan mirroring.Anda memerlukan perangkat adapter yang disebut MHL adapter/cable atau “microUSB to HDMI” untuk menjalankannya. Gadget yang bisa support fitur MHL akan bisa melakukan aktivitas ponsel apapun hingga bermain game dengan resolusi tinggi.

Jika anda yang sudah memiliki ponsel dengan ciri-ciri diatas maka anda bisa mulai mencoba menyambungkan smartphone milikmu dengan TV. Sayang sekali jika anda tidak memanfaatkannya. Banyak sekali orang yang menginginkan fitur miracast tapi smartphonenya belum support jadi manfaatkan sebaik baiknya.