Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal

Doa Agar Aura Wajah Terpancar dan Bercahaya

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda :

“Apabila seseorang telah meninggal dunia, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim).

Berdasarkan hadits dia atas, jika ada seseorang yang meninggal dunia baik itu keluarga, saudara, teman atau lainnya kita diwajibkan untuk mendoakannya. Doa ini dipanjatkan agar segala dosa si mayit diampuni oleh Allah subhana wa Ta’ala dan ditempatkan di sisi-Nya.

Selain itu, ada juga hadits yang berbunyi :

“Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda : Ketika kalian menyaksikan orang sakit atau meninggal maka berkatalah yang baik. Sesungguhnya malaikat mengamini terhadap apa yang kalian katakan.” (HR. Muslim).

Lalu bagaimana doa untuk orang yang sudah meninggal?

Nah, dalam tulisan kali ini akan coba merangkum beberapa doa untuk orang yang sudah meninggal sebagai berikut ini.

  1. Doa Ketika Mendengar Kematian Seseorang

Di dalam Al Quran surat Al-Baqarah ayat 156 terdapat doa ketika mengalami musibah atau mendengar kematian seseorang. Adapun doanya adalah sebagai berikut :

Innalillahi wa innailaihi raajiuun

Artinya : “Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepadanya kami kembali.”

  1. Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal

Seperti yang sudah dkatakan sebelumnya, bahwa wajib hukumnya mendoakan yang sudah meninggal dunia sesuai dengan jenis kelaminnya. Berikut lafaz doanya :

Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni min hu ‘uqbaa hasanah.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah diriku dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang lebih baik.”

Doa untuk orang yang meninggal di atas diperuntukkan kepada mayit yang berjenis kelamin laki-laki. Jika si mayit perempuan maka pada bagian “wa la hu” dan “min hu” diganti menjadi “wa la ha” diganti menjadi “wa la ha” dan “ min ha”.

  1. Membaca Surat Al-Fatihah

Selain dibaca pada saat melaksanakan sholat, surat Al-Fatihah juga sering diperuntukkan untuk orang yang sudah meninggal.

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi robbil ‘aalaminn. Arrohmaanirrohiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaka na’budu wa iyyaa kanasta’iin. Ihdinashshirootolmustaqiim. Shirotolladziina an ‘amta ‘alaihim ghoirulmaghduubi ‘alaihim waladhdhoolliin.”

Artinya : “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkau kami menyembah dan hanya kepada Engkau kami memohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya. Bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan(pula jalan) mereka yang sesat.

  1. Doa Untuk Orang Yang Meninggal Dunia Berjenis Kelamin Laki-Laki

Adapun doa untuk orang yang sudah meninggal dunia berjenis kelamin laki-laki adalah sebagai berikut :

Allahumaghfir lahu warham hu wa’afi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khotooyaa kamaa yunaqots tsaubal abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adhkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzzbin naar.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kburu serta fitnahnya dan dari siksa api neraka.”