5 Manfaat Belajar Seni Origami Bagi Si Kecil

SIPLah Blibli | Belanja Online Keperluan Sekolah No.1 di Indonesia

source gambar : blibli.com

Waktu kecil, pasti guru Anda pernah mengajarkan untuk membuat beberapa bentuk seperti pesawat, burung, atau kapal menggunakan kertas lipat atau origami.

Tapi, tahukah Anda bahwa seni origami ini tidak hanya sekedar melipat kertas? Banyak manfaat yang sebenarnya bisa anak-anak dapatkan dengan membuat kreasi origami. Nah, karena itu, mari Anda simak ulasannya.

Manfaat Mempelajari Kreasi Origami untuk Si Kecil

Selain menyenangkan, melipat kertas merupakan kegiatan yang dapat menjadi media komunikasi bagi guru, murid, dan orangtuanya. Ada beberapa manfaat yang bisa anak-anak rasakan dengan melipat kertas, antara lain:

1. Melatih Kemampuan Berpikir Anak

Kemampuan berpikir si kecil dapat berkembang semakin baik menggunakan kreasi origami. Pasalnya, anak-anak menggunakan tangan yang bisa meningkatkan keterampilan visualisasi spasialnya yang dapat membuat anak-anak memahami mengenai lingkungan sekitarnya.

2. Melatih Kemampuan untuk Mencari Solusi dari Masalahnya

Membuat seni origami bukanlah hal yang mudah bagi si kecil. Kesulitan yang dihadapinya akan membuat dirinya berpikir cara membuat kertas lipat itu mirip dengan apa yang dicontohkan kepadanya.

Proses dalam membuat kreasi origami dapat membantu anak-anak untuk belajar cara menyelesaikan suatu masalah. Disaat inilah si kecil akan belajar untuk mencari solusi dari persoalan yang dihadapinya.

3. Mengasah Kesabaran, Kegigihan, dan Fokus Anak

Berkaitan dengan manfaat melipat kertas sebelumnya, membuat kertas lipat juga dapat mengasah kemampuan anak dalam bersabar. Si kecil dapat menghadapi kegagalan dalam membuat kertas lipat. Maka, dengan menggunakan kreasi origami, Anda dapat memotivasi si kecil untuk terus bersabar dan pantang menyerah.

Selain itu, karena keharusan untuk mengikuti langkah demi langkah, melipat kertas juga dapat melatih fokus dan ketelitian anak agar mendapatkan hasil yang sesuai keinginannya.

4. Mengasah Kreativitas dan Imajinasi Anak

Manfaat lain yang dapat berdampak kepada si kecil adalah meningkatnya kreativitas dan kemampuan berimajinasinya. Seni origami yang biasa anak-anak buat adalah bentuk burung, kapal, dan pesawat. Membuat bentuk tersebut dapat mendorong imajinasi dan kreativitas sang anak.

5. Anak Dapat Mempelajari Konsep Matematika Dasar

Dalam seni origami terselip konsep matematika yang banyak ditakuti oleh anak-anak. Dengan seni origami, Anak-anak dapat mempelajari pengukuran yang sistematis agar dapat menghasilkan bentuk yang sesuai dan juga indah.

Konsep pecahan juga dapat dipelajari anak-anak melalui kertas lipat, seperti setengah dan satu pertiga dalam melipat kertas tersebut.

Itulah beberapa manfaat yang didapat si kecil menggunakan seni origami. Maka, agar dapat merasakan manfaat-manfaat tersebut, jangan ragu untuk mulai mengajarkan cara melipat kertas origami kepada si kecil.

Leave a Comment