Bukan Bumbu Dapur Biasa, Ini 7 Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Bagi banyak orang, khususnya di Indonesia, bawang merah adalah sahabat dalam setiap makanan. Memasak hidangan utama akan semakin lezat dan gurih jika dicampur dengan bumbu dasar bawang merah atau ditaburi bawang goreng di atasnya. Namun, tahukah Anda bahwa bawang merah memiliki banyak manfaat untuk tubuh?

Sayuran ini mengandung berbagai vitamin, mineral dan senyawa tanaman yang terbukti meningkatkan kesehatan. Khasiat bawang merah telah dikenal sejak dulu untuk mengobati penyakit seperti sariawan, sakit kepala, hingga jantung.

Penasaran? Ini 7 manfaat bawang merah untuk kesehatan:

  • Kaya Vitamin dan Nutrisi

 Satu siung bawang merah mengandung 29 kalori, 7,08  gram karbohidrat, 1 gram serat dan 0,64 gram protein. Bawang merah juga mengandung 2 mg sodium, 15 mg kalsium, 101 miligram potasium, o persen lemak,dan 4,5 mg vitamin C.

Dilansir Healthline, bawang merah penuh dengan serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa organosulfur yang bertanggung jawab atas kesehatan tubuh.

 Bawang merah kaya akan senyawa dengan aktivitas antioksidan, seperti quercetin, kaempferol, dan allicin. Sejumlah senyawa ini bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit diabetes hingga jantung.

 

  • Meredakan Gejala Alergi

Saat alergi, sel-sel dalam tubuh akan melepaskan histamin yang memicu pembengkakan jaringan, mata berair dan gatal. Quercetin dan flavonoid pada bawang merah bertindak sebagai antihistamin alami dengan mencegah pelepasan histamin. Bawang merah akan mengurangi keparahan reaksi inflamasi dan pernapasan seperti asma alergi, bronkitis, dan alergi musiman.

 

  • Antimikroba

Senyawa organosulfur dalam bawang merah memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Hal ini karena bawang merah mengandung zat Allium yang sering digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk flu dan demam.

Studi lain menunjukkan, larutan ekstrak bawang merah dapat mempercepat proses penyembuhan luka yang baru. Selain itu, berkumur dengan ekstrak bawang merah dan air selama 15 detik mampu menghambat bakteri di mulut hingga 24 jam.

 

  • Mendukung Kesehatan Jantung

Senyawa organosulfur dan antioksidan dalam bawang merah dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan sirkulasi darah. Hal ini karena bawang merah mengandung tiosulfinat dalam jumlah tinggi yang dapat mencegah pembentukan kolesterol total.

Bawang merah dapat membantu mengurangi kadar lemak berbahaya yang dapat menumpuk di sistem darah dan berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

  • Mengontrol Gula Darah

Mengonsumsi bawang merah secara rutin berpotensi mengembalikan gula darah ke kadar normal. Bawang merah rupanya mampu memproduksi kadar insulin dan membantu proses glikolisis bagi pengidap diabetes.

 

  • Menjaga Kesehatan Otak

Bawang merah dapat meningkatkan kesehatan otak karena mengandung folat. Bawang merah meningkatkan fungsi otak, melindungi DNA dan RNA tubuh.

Nutrisi penting lainnya dalam bawang merah adalah zat besi yang juga sangat penting untuk fungsi otak. Senyawa lainnya adalah pyrithione yang berguna untuk melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis, mencegah Alzheimer, hingga menenangkan saraf.

 

  • Membantu Melawan Obesitas

EEO (ekstrak etil asetat) pada bawang merah dapat menekan penumpukan lemak dalam tubuh yang berpotensi membantu mencegah obesitas. Antioksidan pada bawang merah juga meningkatkan metabolisme yang berkontribusi pada kontrol berat badan dan kesehatan yang optimal.

Pastikan tubuh kita mengonsumsi makanan sehat dan seimbang lengkap dengan bawang merah di dalamnya. Pilihlah bawang merah yang berkualitas baik yang hanya ada di TaniHub.

Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan makanan sehari-hari langsung dari petani lewat aplikasi dan situs TaniHub. Ayo belanja sekarang dan raih promo menarik setiap minggunya.

 

 

Sumber:

https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-shallots-for-skin-hair-and-health/

https://www.healthline.com/nutrition/what-are-shallots#uses